Syirkah or qord
فصل : وَلاَ يَصِحُ ( القِراَضْ ) إِلاَّ عَلَى اْلأَثْماَنِ وَهِيَ الدَّراَهِمُ وَالدَّناَنِيْرُ فَأَماَّ ماَ سِواَهُماَ مِنَ الْعُرُوْضِ وَالْعَقاَرِ وَالسَّباَئِكَ وَالْفُلُوْسِ فَلاَ يَصِحُ القِراَضُ عَلَيْهاَ.
(Fasal): tidak sah Qirodl ( bagi hasil ) kecuali atas atsman ( yang bernilai ) yaitu, Dirham dan Dinar, adapun selain keduanya, seperti : benda, tanah, barang produksi, fulus (uang logam) maka tidak sah Qirodl (bagi hasil) atasnya.
Al-Mizan, II : 88
قَالَ وَأَمَّا مَااخْتَلَفُوْا فِيْهِ ( القِرَاضِ ) فَمِنْ ذَلِكَ قَوْلُ مَالِكَ وَالشَّافِعِىِّ وَأَحْمَدَ : إِنَّهُ لَوْأَعْطَاهُ سِلْعَةً وَقَالَ لَهُ بِعْهَا وَاجْعَلْ ثَمَنَهَا قِرَاضاً فَهُوَ قِراَضٌ فاَسِدٌ مَعَ قَوْلٍ أَبِى حَنيِفَةَ إِنَّهُ قِراَضٌ صَحِيْحٌ، فاَلأَوَّلُ مُشَدَّدٌ وَالثَّانِ مُخَلَّفٌ...الخ
Adapun permasalahan yang dipertentangkan (Qirodl/bagi hasil) diantaranya pendapat imam malik, imam syafi'i dan imam ahmad : sesungguhnya bila seseorang memberikan harta benda dan berkata kepada penerimanya "Juallah ini dan hasilnya kau jadikan Qirodl", maka itu dinamakan Qirodl fasid (bagi hasil yang rusak). Pendapat yang pertama adalah pendapat yang berat sedangkan yang kedua, adalah pendapat yang ringan.
Aqad tersebut tidak sah, sebab anak sapi itu bukan dari pekerjaan pemeihara tersebut.
Dasar Pengambilan Dalil
Al-Bujairimi ala iqna' III : 115
( تَنْبِيْهٌ ) لوأعطى آخردابة ليعمل عليها أوليتعهدها وفوائدهالم يصح العقد، لأنه فى الأولى إيجار لدابة فلا حاجة إلى إيراد عقد عليها فيه غرر. والثانى الفوائد لاتحصل بعمله ولوأعطاها ليعملها من عنده بنفص درها ففعل ضمن له المالك العلف وضمن الآخر للمالك نصف الدار، وهو القدر المشروط له لحصله بحكم بيع فاسد. ولايضمن الدابة لأنهاغير مقابلة بعوض. وان قال لتعلفها بنصفها ففعل فالنصف المشروط مضمون على العالف لحصوله بحكم الشراء الفاسد دون النصف الآخر.
(Peringatan) jika seseorang memberikan hewan piaraanya kepada orang lain agar dipekerjakan, atau untuk dipelihara, dan hasilnya dibagi antara keduannya, maka aqad tersebut tidak sah. Karena pada contoh yang pertama menyewakan hewan, maka tidak ada hajat (tidak perlu) mendatangkan aqad lagi atas hewannya yang dapat mengandung ghoror/penipuan. Yang kedua, hasil dari hewan piaraan, itu bukan pekerjaan.
Seandainya seseorang memberikan hewan piaraannya kepada orang lain untuk dipekerjakan untuk dirinya dengan upah ½ dari hasil susu hasil perahnya, kemudian dipekerjakan oleh orang lain tersebut, maka pemilik hewan harus mengganti biaya pemeliharaan (memberi makan hewan) dan pekerja harus mengganti kepada pemilik atas ½ dari hasil susu perahnya. Pengganti itu karena sudah hasil ukuran yang dijanjikan, dan telah terjadi dengan hukum jual beli yang rusak. dan tidak perlu mengganti rugi hewan piaraan, karena itu tidak ada kesesuaian ganti rugi.
Jika pemilik dalam menyerahkan hewan mengatakan untuk diramut (diberi makan) dengan ongkos separuh hasilnya, kemudian dilaksanakan oleh penerima (pemelihara), maka separuh yang dijanjikan menjadi tanggungan pemelihara, karena dianggap terjadi hukum pembelian yang fasid (rusak) bukan separuh yang lain.
Tuhfatu Al-Habib ala syarhi al-iqna, III : 179
وَلَوْ قَالَ شَخْصٌ لآخَرَ سَمَّنْ هَذِهِ الشَّاةَ وَلَكَ نِصْفُهاَ أَوْ هاَتَيْنِ عَلىَ أَنَّ لَكَ إِحْداَهُماَ لَمْ يَصِحَّ ذَلِكَ وَاسْتَحَقَّ أُجْرَةَ المِثْلِ لِلنَّصْفِ الذِّى سَمَنَّهُ لِلْماَلِكِ.
Apabila ada orang berkata kepada orang lain, "Gemukkan kambing ini, kamu saya beri komisi separo dari laba penjualan", atau berkata, "Gemukkan dua kambing ini, kamu saya beri yang satu", maka tidak sah. Dan ia mendapat ongkos misil (umum), sedang hasilnya semua dimiliki yang punya kambing.
Nihayatu Al-Zein, hal. 261
: وَلاَ يَصِحُ (القِراَضُ) إِلاَّ عَلَى اْلأَثْماَنِ وَهِيَ الدَّراَهِمُ وَالدَّناَنِيْرُ فَأَماَّ ماَ سِواَهُماَ مِنَ الْعُرُوْضِ وَالْعَقاَرِ وَالسَّباَئِكَ وَالْفُلُوْسِ فَلاَ يَصِحُ القِراَضُ عَلَيْهاَ.
(Fasal): Tidak sah Qirodl (bagi hasil) kecuali atas atsman (yang bernilai) yaitu, Dirham dan Dinar, adapun selain keduanya, seperti benda, tanah, barang produksi, fulus (uang logam) maka tidak sah Qirodl (bagi hasil) atasnya.
DOC _ 331. Hukum Pembagian Harta Gono Gini .
Maftuh Mubarok@. 15 Mei 2014. pukul 19:45
Assalamualaikum.
Para ustadz, maaf mau bertanya :
1. Harta gono gini kan harta milik berdua antara suami istri , jadi cara pembagiannya menurut syariat , apakah disamakan, atau suami dua bagian istri, atau ada cara lain ?
2. Barang rumah misal TV, lemari dll, yang dibeli suami setelah menjalin pernikahan dari uang hasil kerjanya apakah termasuk harta suami atau milik berdua (gono gini) sedangkan istri hanya ibu rumah tangga ? Karena ada yang mengatakan itu harta gono gini, karena pekerjaan istri di rumah secara tidak langsung telah membantu suami dalam mendapatkan uang. Terima kasih atas penjelasannya.
=========================
Wa’alaikumussalam Warahmatullah. Menanggapai pertanyaan yang telah diutarakan oleh saudara Maftuh Mubarak diatas sebagaimana hasil musyawarah kami memutuskan sebagai berikut:
(1). Harta gono gini adalah harta yang diperoleh selama perkawinan. Oleh karena itu, Jika telah bercampur harta benda suami istri dan tidak diketahui milik siapa yang lebih banyak, dan jika tidak ada tanda-tanda yang dapat membedakan antara salah satu dari keduanya, maka boleh membagi harta tersebut dengan cara perdamaian ( suluh ) antara keduanya.
(2). Sedangkan perabotan rumah tangga seperti TV, Lemari dan lain sebagainya yang telah dibelikan sang suami bukan termasuk katagori harta gono gini. Jadi solusinya mengupayakan untuk bermusyawarah bagaimana baiknya agar tidak terjadi hal hal yang tidak baik.
Dasar Pengambilan(1). Oleh Al_Ustad Opick Syahreza@.
اختلط مال الزوجين ولم يعلم لأيهما أكثر ولا قرينة تميز احدهما او حصلت بينهما فرقة او موت لم يصح لأحدهما ولا وارثه تصرف في شيئ منه قبل التمييز او الصلح الا مع صاحبه اذ لا مرجح كما قالوا لو اختلط حمامهما وحينئذ فان امكن معرفتهما والا وقف الأمر حتى يصطلح الزوجين او ورثتهما بلفظ صلح او تواهب بتساو او تفاوت ان كانوا كاملين ويجب ان لا ينقص عن النصف في المحجور ، نعم ان جرت العادة المطردة بان أحدهما يكسب أكثر من الآخر كان الصلح والتواهب على نحو ذلك فان لم يتفقوا على شيئ من ذلك فمن بيده شيئ من المال فالقول قوله بيمينه انه ملكه ، فان كان بيدهما فلكل تحليف الآخر ثم يقسم نصفين. بغية المسترشدين. الجز 1. صفحة 159.
Dasar Pengambilan(2). Oleh Al_Ustad Cote Dal-ho@.
اختلط مال الزوجين ولم يعلم لأيهما أكثر ولا قرينة تميز أحدهما وحصلت بينهما فرقة إلى أن قال نعم إن جرت العادة المطردة أن أحدهما يكسب أكثر من الآخر كان الصلح والتواهب على نحو ذلك، وإن لم يتفقوا على شيئ من ذلك ممن بشيئ بيده شيئ من المال فالقول قوله بيمينه أنه ملكه فإن كان بيدهما فلكل تحليف الآخر ثم يقسم نصفين. ومثله ما في أحكام الفقهاء الجز ٣ صفحة ٣٨-٣٩.
Dasar Pengambilan(3). Oleh Guslik An_Namiri @.
: فرع إذا حصل إشتراك في لمة إن كان لكل متاع أولم يكن لأحدهما متاع واكتسبا فإن تميز فلكل كسبه وإلا اصطلحا فإن كان النماء من ملك أحدهما من هذه الحالة فالكل له وللباقي الأجرة ولو بالغين لوجود الإشتراك. هامش الشرقاوي على التحرير. أحكام الغقهاء في مقررات نهضة العلماء. الجز 1. صفحة 7.
Dasar Pengambilan(4). Oleh Al_Ustad PrEman Berr Tassbíihh @.
ﻳﻘﻮﻝ ﺷﻴﺨﻨﺎ : ﺫﻛﺮﺗﻢ ﻋﺎﺩﺓ ﺍﻫﻞ ﺑﻠﺪﻛﻢ ﺍﻧﻬﻢ ﻗﺒﻞ ﺍﻥ ﻳﻘﺴﻤﻮﺍ ﺗﺮﻛﺔ ﺍﻟﻤﻴﺖ ﻳﺠﻌﻠﻮﻥ ﺍﻟﻤﺎﻝ ﻧﺼﻔﻴﻦ ﻣﺜﻼ ﺑﻴﻦ ﺍﻟﺰﻭﺝ ﻭﺍﻟﺰﻭﺟﺔ ﻭﻳﺴﻤﻮﻥ “ﻛﻮﻧﺎ ﻛﻴﻨﻲ” ﺍﻱ ﻣﻤﺎ ﺣﺼﻞ ﻟﻬﻤﺎ ﻓﻲ ﺣﻴﺎﺗﻬﻤﺎ ﻣﻦ ﺍﻟﺤﺮﻓﺔ ﻭﺍﻟﺼﻨﺎﻋﺔ ﻓﺘﻌﻄﻰ ﺍﻟﺰﻭﺟﺔ ﺗﻮﻻ ﻧﺼﻒ ﺍﻟﺘﺮﻛﺔ ﻗﺒﻞ ﺍﻟﻘﺴﻤﺔ ﺛﻢ ﻳﻘﺴﻢ
ﻳﺎﻗﻴﻬﺎ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻮﺭﺛﺔ. ﻓﺎﻟﺠﻮﺍﺏ : ﺍﻧﻪ ﺍﺫﺍ ﺛﺒﺖ ﺇﺷﺘﺮﺍﻙ ﺍﻟﺰﻭﺟﻴﻦ ﻓﻲ ﺍﻟﺘﻌﺎﻳﺶ ﻭﺍﻹﺳﺘﺮﺯﺍﻕ ﻛﻤﺎ ﻫﻮ ﺷﺎﺋﻊ ﻓﻲ ﺍﻫﻞ ﺑﻠﺪﻛﻢ ﻭﻗﺪ ﺑﻠﻐﻨﺎ
ﺍﻥ ﺍﻟﺰﻭﺟﺔ ﻗﺪ ﺗﻜﻮﻥ ﺍﻛﺜﺮ ﺗﺤﺼﻴﻼ ﻟﻠﺮﺯﻕ ﻭﺍﻛﺜﺮ ﻋﻤﻼ ﻣﻦ ﺍﻟﺰﻭﺝ ﻓﻲ ﻃﻠﺐ ﺍﻟﺮﺯﻕ ﻏﺎﻟﺒﺎ. ﻓﺤﻴﻨﺌﺬ ﺍﺫﺍ ﻟﻢ ﻳﻜﻦ ﻣﺎ ﻳﺨﺺ ﻛﻼ ﻣﻦ ﺍﻟﺰﻭﺟﻴﻦ ﻣﺘﻤﻴﺰﺍ ﺑﻞ ﺑﻴﻨﻬﻤﺎ ﺷﻴﻮﻉ ﻓﻲ ﺍﻹﺷﺘﺮﺍﻙ ﻓﺎﻟﻘﺴﻤﺔ ﺍﻟﻤﺬﻛﻮﺭﺓ ﺣﻴﻨﺌﺬ ﺗﻜﻮﻥ ﻓﻲ ﺣﻜﻢ ﺍﻟﺼﻠﺢ ﻭﻫﻲ ﺻﺤﻴﺤﺔ ﺍﺫﺍ ﺻﺪﺭﺕ ﻣﻦ ﺍﻟﻮﺭﺛﺔ ﺍﻟﺒﺎﻟﻐﻴﻦ ﺍﻟﻌﻘﻼﺀ ﻭﺍﻟﺰﻭﺟﺔ ﻛﺬﻟﻚ ﺭﺷﻴﺪﺓ. ﺍﻣﺎ ﺍﺫﺍ ﻛﺎﻥ ﻓﻴﻬﻢ ﻗﺎﺻﺮ ﻓﻼ ﻳﺼﺢ ﺫﻟﻚ ﺑﺎﻟﻨﺼﺒﺔ ﻟﻨﺼﻴﺒﻪ ﺍﻻ ﺑﺤﻜﻢ ﺣﺎﻛﻢ ﺗﻘﺎﻡ ﻋﻨﺪﻩ ﺩﻋﻮﻯ ﻋﻠﻰ ﻭﻟﻲ ﺍﻟﻘﺎﺻﺮ. ﻭﻳﺠﺮﻱ ﺍﻟﺼﻠﺢ ﺣﻴﻨﺌﺬ ﻣﻦ ﻭﻟﻴﻬﺎﻥ ﺭﺁﻩ ﻣﺼﻠﺤﺔ ﻭﺃﺛﺒﺘﺖ ﺍﻟﺰﻭﺟﺔ ﺍﻹﺷﺘﺮﺍﻙ ﻓﻲ ﺍﻟﺘﺮﻛﺔ. ﻗﺮﺓ ﺍﻟﻌﻴﻦ ﻳﻔﺘﺎﻭﻯ ﺍﻟﺸﻴﺦ ﺍﺳﻤﺎﻋﻴﻞ ﺯﻳﻦ ﺍﻟﻴﻤﻨﻲ 234 – 233.
Referensi Kitab:
(1). Bughyatul Mustarsyidin. Juz 1. Hal 159.
(2). Ahkamul Fiqoha’. Juz 3. Hal 38-39.
(3). Ahkamul Fuqoha’ Nahdhatul ‘Ulama’. Juz 1. Hal 7.
(4). Qurratu ‘Ain Syeikh Ismail. Juz 1. Hal 233-234.
========================
MUSYAWWIRIN :
Member Group Majlis Ta'lim Tanah Merah (MTTM)
PENELITI :
1) Ustadz Brojol Gemblung
2) Ustadz Wesqie
3) Ustadz Rampak Naung
4) Ustadz Mazz Rofii
5) Ustadz Sunde Pati.
Editor: Guslik An_Namiri.
Wa'alaikumussalam warahmatullah. Kalau menurut saya hukum harta Gono Gini sesuai keterangan yang didalam kitab Hamisy As_Syarqowi boleh dengan jalan perdamaian dengan ahli waris : فرع إذا حصل إشتراك في لمة إن كان لكل متاع أولم يكن لأحدهما متاع واكتسبا فإن تميز فلكل كسبه وإلا اصطلحا فإن كان النماء من ملك أحدهما من هذه الحالة فالكل له وللباقي الأجرة ولو بالغين لوجود الإشتراك. هامش الشرقاوي على التحرير. Untuk Nomer yang ke 2.. Tafaddhal, semoga berkah..
Syekh Zainuddin Al-Malibari dalam Fathul Mu‘in.
فائدة: أفتى النووي كابن الصلاح فيمن غصب نحو نقد أو بر وخلطه بماله ولم يتميز، بأن له إفراز قدر المغصوب، ويحل له التصرف في الباقي
Penjelasan: Imam Nawawi seperti Ibnu Sholah mengeluarkan fatwa perihal orang yang merampas misalnya sebuah mata uang atau benih gandum lalu dicampurkan dengan miliknya hingga tidak bisa dibedakan mana miliknya mana hasil ghosob. Menurut Imam Nawawi, pelaku yang bersangkutan bisa membersihkan hartanya dengan mengeluarkan besaran barang rampasan dan ia halal untuk menggunakan sisanya.
Menguraikan pernyataan itu, Sayid Bakri bin M Sayid Syatho Dimyathi dalam karyanya I‘anatut Tholibin mengatakan.
لو اختلط مثلي حرام كدرهم أو دهن أو حب بمثله له، جاز له أن يعزل قدر الحرام بنية القسمة، ويتصرف في الباقي ويسلم الذي عزله لصاحبه إن وجد، وإلا فلناظر بيت المال. واستقل بالقسمة على خلاف المقرر في الشريك للضرورة إذ الفرض الجهل بالمالك، فاندفع ما قيل يتعين الرفع للقاضي ليقسمه عن المالك. وفي المجموع، طريقه أن يصرفه قدر الحرام إلى ما يجب صرفه فيه، ويتصرف في الباقي بما أراد. ومن هذا اختلاط أو خلط نحو دراهم لجماعة ولم يتميز فطريقه أن يقسم الجميع بينهم على قدر حقوقهم، وزعم العوام أن اختلاط الحلال بالحرام يحرمه باطل. الخ أهـ
Andaikata tercampur barang serupa yang haram seperti dirham, minyak, atau benih-benih dengan harta miliknya, maka ia boleh menyisihkan besaran barang haram itu dengan niat membagi. Dan ia bisa menggunakan sisanya lalu menyerahkan sebagian yang ia sisihkan kepada pemiliknya kalau ada. Kalau pemiliknya tidak ada, baitul mal menjadi alternatifnya. Secara darurat ia sendiri yang membagi karena menyalahi ketentuan yang ditetapkan bersama sekutu lainnya. Karena itu, pendapat yang mengatakan bahwa kasus ini tentu diangkat ke hakim agar ia mewakili pemilik dalam membaginya, dengan sendirinya teranulir.
Dalam kitab al-Majemuk, Imam Nawawi menunjukkan cara membersihkannya dengan menyerahkan besaran barang haram yang tercampur itu kepada pihak atau lembaga yang berhak menerimanya. Dan ia bisa menggunakan harta sisanya untuk apa saja. Atas dasar ini, tercampur atau mencampurkan seperti dirham milik suatu perkumpulan yang tidak bisa dibedakan antara milik mereka, maka cara pembersihannya ialah harta yang tercampur itu harus dibagikan kepada semua anggota perkumpulan sesuai besaran hak yang mereka miliki.
Komentar
Posting Komentar