Makalah Teknologi informasi dan komunikasi


MAKALAH
TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI


Description: C:\Users\Madrasah\Downloads\SHAREit\Redmi Note 3\photo\1536163359995.png



Tentang :
APA ITU TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
Oleh :
Faqih Ma’lufi
Dosen :
 Bapak Zulfikar Yahya Mubarok S.Kom., M.Kom


PROGRAM STUDI TEHNIK INFORMATIKA
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER (STMIK)
KOMPUTAMA MAJENANG
KATA PENGANTAR


Puji beserta syukur kehadirat Allah SWT, atas segala limpahan taufiq serta hidayah-Nya yang telah memberi penulis kesempatan untuk menyelesaikan Tugas Makalah Mata Kuliah Pengantar Teknologi Informasi dan Komunikasi  iniAdapun tujuan penulisan Makalah ini adalah untuk melengkapi tugas perkuliahan Mata Kuliah Pengantar Teknologi Informasi dan Komunikasi. Melalui makalah ini, penulis akan membahas tentang “Apa Itu Teknologi Informasi dan Komunikasi
Dan terima kasih kepada Bapak Zulfikar Yahya Mubarok S.Kom., M.Kom selaku dosen Mata Kuliah Mata Kuliah Pengantar Teknologi Informasi dan Komunikasi yang telah memberikan motivasi dan masukan sehingga makalah ini dapat diselesaikan.
Penulis menyadari bahwa baik dari segi penulisan maupun isi, makalah ini masih memiliki kekurangan, sebagaimana pepatah mengatakan, tiada  gading yang tak retak.
Oleh karena itu penulis sangat mengharapkan kritik yang membangun dan saran dari pembaca agar terbentuknya kesempurnaan makalah ini. Atas partisipasinya penulis mengucapkan terima kasih.
Semoga meteri ini dapat diterima oleh mahasiswa-mahasiswi, dan khususnya dapat bermanfaat bagi kita semua. Amiin.




Majenang, 19 September 2018
Penulis,




DAFTAR ISI


SAMPUL.............................................................................................................. i
KATA PENGANTAR..........................................................................................  ii
DFTAR ISI........................................................................................................... iii

I.         PENDAHULUAN

A.     LATAR BELAKANG MASALAH........................................................ 1
B.      RUMUSAN MASALAH......................................................................... 1
C.      TUJUAN PENULISAN........................................................................... 2

II.      PEMBAHASAN

A.    PENGERTIAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI... 3
B.     LANDASAN TEORI TEKNOLOGI INFORMASI.............................. 5

III.      PENUTUP

A.     KESIMPULAN........................................................................................ 8
B.      SARAN..................................................................................................... 8

DAFTAR PUSTAKA







BAB I
PENDAHULUAN
A.  Latar Belakang Masalah
            Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) saat ini sangat berkembang di masyarakat. Teknologi Informasi yang diantaranya dipergunakan untuk mengelola data, menginput, memproses, menyimpan, hingga memanipulasi data dengan berbagai cara dan prosedur untuk menghasilkan informasi yang berkualitas sangat diperlukan pada kehidupan seperti sekarang ini. Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) pun terus meningkat seiring dengan kebutuhan manusia. Dengan adanya Teknologi Informasi dan Komunikasi dapat mendorong kita untuk belajar dan mendapatkan informasi yang kita perlukan dari mana saja, kapan saja, dan dari siapa saja.
Seiring dengan kemajuan Teknologi yang mengglobal, hampir semua aspek kehidupan telah terpengaruh oleh yang namanya Teknologi baik di bidang ekonomi, politik, kebudayaan, seni dan bahkan di dunia pendidikan. Dalam bidang pendidikan, Teknologi Informasi dan Komunikasi banyak memiliki peranan. Kemajuan Teknologi adalah sesuatu yang tidak bisa kita hindari dalam kehidupan ini, karena kemajuan Teknologi akan berjalan sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan. Teknologi Informasi seakan telah menjadi pengalihfungsian buku, guru dan sistem pengajaran yang sebelumnya masih bersifat konvensional.    Teknologi Informasi menyebabkan ilmu pengetahuan menjadi kian berkembang dan berkembang. Setiap inovasi diciptakan untuk memberikan manfaat positif bagi kehidupan manusia. Memberikan banyak kemudahan, serta sebagai cara baru dalam melakukan aktifitas manusia.
B.  Rumusan Masalah
Dengan latar belakang di atas, rumusan masalah yang dapat diadopsi adalah sebagai berikut:
1.     Apa pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi?
2.     Apasaja landasan teori Teknologi Informasi?
C.  Tujuan Penulisan
Tujuan dari makalah ini adalah sebagai persyaratan Mata Kuliah Pengantar Teknologi Informasi yang diharapkan kepada mahasiswa / i dapat:

1.    Mengetahui pengertian dari Teknologi Informasi
2.    Mengetahui landasan teori Teknologi Informasi

























BAB II
PEMBAHASAN

A.           PENGERTIAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI

            Teknologi Informasi dan Komunikasi yang sering disingkat TIK merupakan istilah dari bahasa Inggris, yaitu ICT ( Information and Communication Technology ). Ditinjau dari susunan katanya, teknologi informasi dan komunikasi tersusun dari tiga kata yaitu:
            Teknologi yang merupakan pengembangan dan aplikasi dari alat, mesin, bahan dan proses yang menolong manusia. Istilah teknologi menggunakan alat-alat baru yang menggunakan prinsip dan proses penemuan saintifik.
            Informasi merupakan kumpulan data yang saling berhubungan dan telah diproses secara kompleks. Dengan kata lain, informasi menjadi hasil dari sebuah data yang telah diproses. Data-data yang saling terkait  kemudian diolah atau diproses, menghasilkan informasi yang tepat dan akurat. Selanjutnya, informasi menjadi data yang akan diolah dan akan menjadi informasi yang lainnya.       Komunikasi merupakan proses penyampaian informasi berupa pesan, ide atau ide dari satu pihak ke pihak lain agar terjadi saling memengaruhi di antara keduanya. Ada dua jenis komunikasi, yaitu komunikasi verbal dan nonverbal. Komunikasi verbal adalah penggunaan kata kata, baik mengandung lisan atau tulisan. Komunikasi nonverbal merupakan rangsangan atau dukungan dari komunikasi verbal. Contoh dari komunikasi nonverbal adalah gerakan badan yang menunjukkan sikap tertentu, misalnya tersenyum, menggelengkan kepala, atau mengangkat bahu. [1]
            Teknologi informasi dan komunikasi mencakup dua aspek, yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi. Teknologi informasi meliputi segala sesuatu yang berhubungan dengan proses, alat bantu, manipulasi, dan informasi manajemen. Sedangkan, teknologi komunikasi termasuk semua hal yang berhubungan dengan penggunaan alat untuk berkomunikasi dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya.
            Dari penjabaran diatas, maka teknologi informasi dan teknologi komunikasi adalah kesatuan yang tidak bisa terpecah yang berisi informasi luas tentang berbagai kegiatan yang berhubungan dengan mengelola, memanipulasi, mengelola dan mentransfer atau pemindahan informasi antar media. 
            Juga dapat disimpulkan bahwa, teknologi informasi dan komunikasi adalah bentuk-bentuk kegiatan yang berhubungan dengan proses manipulasi, manajemen, dan pemindahan Informasi dari mengirim ke penerima. Sedangkan, arti teknologi informasi dan komunikasi bagi dunia pendidikan itu sendiri berarti tersedianya saluran atau sarana yang dapat dipakai untuk menyiarkan program pendidikan.[2]
            Dalam pengertian yang lain Teknologi Informasi adalah sarana dan prasarana system dan metode untuk memperoleh, mengirim, mengolah, menafsir, menyimpan data secara bermakna. Oleh karena itu, Teknologi Informasi menyediakan begitu banyak kemudahan dalam mengelola informasi dalam arti menyimpan, mengambil kembali, dan pemutahiran informasi. “Teknologi Informasi adalah suatu Teknologi yang digunakan untuk mengolah, memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas”.[3]
            Pengertian lainnya juga diungkap oleh Abdul Kadir dalam kamus Oxford dituliskan bahwa Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah studi atau penggunaan peralatan elektronika, terutama computer, untuk menyimpan, menganalisis, dan mendistribusikan informasi apa saja, termasuk kata-kata, bilangan dan gambar. Sedangkan menurut Alter Teknologi Informasi dan Komunikasi mencakup perangkat keras dan perangkat lunak untuk melaksanakan satu atau sejumlah tugas pemprosesan data seperti menangkap, mentransmisikan, menyimpan, mengambil, memanipulasi, atau menampilkan data.[4]
            Adapun fungsi Teknologi Informasi dalam pendidikan dapat dibagi menjadi tujuh fungsi, yaitu : 1) sebagai gudang ilmu; 2) sebagai alat bantu pembelajaran; 3) sebagai fasilitas pendidikan; 4) sebagai standar kompetensi; 5) sebagai penunjang administrasi; 6) sebagai alat bantu manajemen sekolah; 7) sebagai infrastruktur pendidikan.[5]
            Teknologi Informasi ini berkembang pesat dengan dikembangkannya satelit Komunikasi dan serat kaca ( fiber optics) yang mampu mentransmisikan pulsa dengan kecepatan cahaya. Teknologi Informasi dan Komunikasi merupakan suatu proses yang rasional dan evisien. Proses ini mengandung system yang mempertimbangkan variable-variabel yang mungkin berpengaruh dalam menentukan prosedur kegiatan agar proses itu efektif dan efisien. System ini memadukan berbagai prinsip, konsep, dan gagasan, serta mengarah pada pemecahan masalah bersama.

B.            Landasan Teori Teknologi Informasi

            Penggunaan Teknologi Informasi dalam pembelajaran diawali oleh Burrhus Frederic Skinner (1945) dengan konsep pembelajaran terprogram (programmed instructions). Tahun 1958 B.F. Skinner membuat sebuah mesin pembelajaran (teaching machine), mesin ini tidak mengajar, tetapi diprogram dengan menggunakan logika tertentu sehingga mesin dapat menyajikan materi pelajaran dan seolah-olah berinteraksi dengan pendidik.
            Mesin pembelajaran dikembangkan berdasarkan teori belajar tingkah laku (behaviorism theory). Berdasakan teori tersebut diperoleh prinsip-prinsip pembelajaran, antara lain sebagai berikut : a) respon peserta didik harus diperkuat secepatnya dan sesering mungkin; b) berikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengontrol laju kecepatan belajarnya sendiri (self-pacing); c) perhatikan bahwa peserta didik mengikuti suatu urutan yang koheren dan terkendalikan; d) beritahukan kemajuan belajar peserta didik.
            Teknologi Informasi bisa didapatkan pegangan sebagai bahan pengambilan keputusan dalam mengembangkan sistem pembelajaran berbasis Teknologi Informasi. Keberhasilan pembelajaran berbasis internet ini secara signifikan ditentukan oleh karakteristik guru-guru yang akan terlibat dalam pemanfaatan internet. Implikasi teori dan model-model Komunikasi dalam Teknologi pembelajaran telah mengubah peran guru dan peserta didik dalam pembelajaran. Peran guru telah berubah dari :
1.    Sebagai penyampai pengetahuan, sumber utama informasi, sumber segala   jawaban menjadi fasilitator pembelajaran dan mitra belajar.
2.    Dari pengendali segala aspek pembelajaran menjadi lebih banyak memberikan alternative dan tanggung jawab pada setiap peserta didik dalam proses pembelajaran.

            Sementara itu peran peserta didik dalam pembelajaran juga mengalami perubahan, yaitu :

1.    Dari penerima informasi yang pasif menjadi partisipan yang aktif dalam proses pembelajaran.
2.    Dari mengungkapkan kembali pengetahuan menjadi menghasilakan berbagai pengetahuan.
3.    Dari pembelajaran sebagai aktivitas individual menjadi pembelajaran berkolaborasi dengan peserta didik lainnya.
            Baik secara nasional, regional, maupun global pengembangan dan pemanfaatan Teknologi Komunikasi ini berperan sebagai pemandu proses pendidikan, yang selanjutnya adalah bagaimana kita mampu menciptakan inovasi-inovasi dari Teknologi Komunikasi menjadi suatu model bagi penyelenggaraan dan pengembangan pendidikan agar lebih baik.
Adapun menurut para ahli landasan teori Teknologi Informasi adalah sebagai berikut :
1.      Claude Shannon and warren Weaver (1949) berasal dari teori matematika, bersifat linear yaitu mempunyai arah tertentu dan tetap dari sumber (komunikator) kepada penerima (komunikan).
2.      David K Berlo (1960:72), Komunikasi S-M-C-R (sources, message, channel, receiver) model ini dianggap pembaruan karena membawa implikasi dalam Teknologi pembelajaran, yaitu dimasukannya orang dan bahan sebagai sumber yang merupakan bagian integral dari Teknologi pembelajaran.
3.      Wilbur Schramm (1973) merupakan penyempurnaan dari teori Shannon dan Weaver dengan menambah dua unsur baru yaitu adanya lingkup pengalaman dan umpan balik.



















BAB III
PENUTUP

A.    KESIMPULAN
            Teknologi informasi dan komunikasi adalah bentuk-bentuk kegiatan yang berhubungan dengan proses manipulasi, manajemen, dan pemindahan Informasi dari mengirim ke penerima. Sedangkan, arti teknologi informasi dan komunikasi bagi dunia pendidikan itu sendiri berarti tersedianya saluran atau sarana yang dapat dipakai untuk menyiarkan program pendidikan.
            Alasan mengapa teknologi informasi dan komunikasi sangat dibutuhkan oleh dunia, yaitu merupakan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang menjadi sarana utama, dengan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk menjadi lebih efisien, mengembangkan teknologi informasi dan komunikasi dalam berbagai hal.                       

         B.   SARAN
            Demikianlah makalah ini penulis rampungkan, Apabila terdapat kesalahan dalam penulisan makalah ini maupun isinya penulis mohon maaf  kepada pembaca, semoga makalah ini dapat memberikan manfaat bagi pembaca dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.  











DAFTAR PUSTAKA

Djuharis R, Reynold. 2010. Cerdas dan Terampil TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI untuk SMP / MTs Kelas VII. Jakarta: Pusat Perbukuan Kementerian Pendidikan Nasional.
Miarso, Yusuf Hardi. 2004. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Indrajit, Richardus Eko. Arsitektur sekolah modern Indonesia. Jakarta: presentasi sajian, 2004
Munir. Kontribusi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Dalam    Pendidikan di Era Globalisasi Pendidikan Indonesia. Bandung : Alfabeta, 2012.
Wardiana, Wawan. Perkembangan Teknologi Informasi di Indonesia. Bandung: pameran teknologi informasi, 2002


[1] Reynold Djuharis R, Cerdas dan Terampil TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI untuk SMP / MTs Kelas VII,(Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010), hal. 3
[2] Yusuf Hardi Miarso, Menyemai Benih Teknologi Pendidikan , (Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2004), hal. 3
[3] Wardiana,Perkembangan Teknologi Informasi Di Indonesia. 2002. Hlm 135
[4] Munir. Kontribusi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Dalam    Pendidikan di Era Globalisasi Pendidikan Indonesia. Bandung: Alfabeta, 2012. Hlm 31
[5] Indrajit, Arsitektur Sekolah Modern Indonesia. 2004. Hlm 136.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Syirkah

Asilahh

I'rob 3